Oleh: mauwpinter | Desember 29, 2012

“SOLUSI TEPAT” DALAM UPAYA PELESTARIAN SUMBER DAYA AIR BERSIH

clean-water-splash

Air bersih dan sehat adalah salah satu kebutuhan mendasar sehari-hari untuk setiap rumah, air bersih, jernih dan tidak bewarna diperlukan di setiap rumah mulai dari mencuci, masak, air minum dan mandi.Di sebagian tempat saat ini kebutuhan air semakin meningkat sementara kualitas kesehatan dan kebersihan air semakin menurun.

Pengadaan air bersih di Indonesia khususnya untuk skala yang besar masih terpusat di daerah perkotaan, dan dikelola oleh Perusahan Air Minum (PAM) kota yang bersangkutan. Permasalahan yang timbul yakni sering dijumpai bahwa kulaitas air tanah maupun air sungai yang digunakan masyarakat kurang memenuhi syarat sebagai air minum yang sehat bahkan di beberapa tempat bahkan tidak layak untuk diminum.

Air yang layak diminum, mempunyai standar persyaratan tertentu yakni persyaratan fisis, kimiawi dan bakteriologis, dan syarat tersebut merupakan satu kesatuan. Jadi jika ada satu saja parameter yang tidak memenuhi syarat maka air tesebut tidak layak untuk diminum. Pemakaian air minum yang tidak memenuhi standar kualitas tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan, baik secara langsung dan cepat maupun tidak langsung dan secara perlahan.

Banyak Penduduk di daerah pedalaman yang sangat sulit menemukan sumber air bersih mengalami berbagai gejala penyakit bahkan tidak sedikit yang meninggal akibat menkonsumsi air  tercemar yang disebabkan oleh bakteri berbahaya, mereka yang tinggal di kotapun masih sering terkena penyakit akibat air yang mereka dikonsumsi tidak bersih.

Berdasarkan hasil p528467_2490761325010_171975705_nercobaan yang saya lakukan sendiri di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Sains dan teknologi UIN Malang, dengan mengambil sampel air Galon dan air botol yang dijual ditoko,  menggunakan metode  UJI Nilai MPN Coliform yaitu sebuah metode untuk mengetahui kualitas air, ternyata masih ada indikasi adanya bakteri coliform dalam air, meskipun secara kasat mata air tersebut bersih ternyata air tersebut  belum terbebas dari kuman penyakit.

Hal yang Paling berbahaya adalah jika dalam air terdapat bakteri patogen sebagai transmisi penyakit infeksi seperti tifoid,kolerra dan lain lain. Oleh karena itu untuk mengurangi  penyakit akibat air yang tercemar maka solusinya adalah dengan pengolahan air minum.

 

Pengolahan air minum merupakan upaya untuk mendapatkan air yang bersih dan sehat sesuai standar mutu air untuk kesehatan. Proses pengolahan air minum merupakan proses perubahan sifat, fisik, kimia, dan biologi air baku agar memenuhi syarat agar digunakan sebagai air minum.

Tujuan dan kegiatan pengolahan air minum antara lain :
a. menurunkan kekeruhan
b. mengurangi bau, rasa, dan warna
c. menurunkan dan mematikan mikroorganisme
d. melindungi kadar-kadar bahan yang terlarut dalam air
e. menurunkan kesadahan
f. memperbaiki derajat keasaman (pH)
.
Dengan perkembangan penduduk yang cepat dan teknologi di perkotaan, pengolahan air khusus dilakukan oleh perusahaan air minum (PAM). Selain mengolah air,PAM juga mendistribusikannya ke rumah-rumah penduduk. Jika terdapat air yangkualitasnya kurang baik perlu dilakukan pengolahan dengan teknik sederhana dan tepatguna sesuai bahan yang ada di lokasi.
Pengolahan air secara biologi untuk mematikan potagen dapat berlangsung bersama-sama dengan reaksi kimia dan fisika atau secara khusus dengan pemberiandesinfektan. Cara yang paling sederhana untuk mematikan mikroorganisme yaitu dengan pemanasan sampai 100 C.
Pengolahan air minum bisa dilakukan dengan berbagai metode seperti berikut ini :

A. Penyaringan Sederhana

Picture1

Penduduk di pedalaman yang jauh dari teknologi sudah mulai menggunakan pipa penyaringan untuk mengkonsumsi air langsung, hal tersebut dapat meminimalisir adanya bakteri yang masuk kedalam tubuh. Tapi metode ini masih sangat beresiko terkena penyakit akibat masih ada bakteri yang masuk kedalam tubuh.

B. WATER TREATMENT

Water Treatment System  atau proses pengolahan air yang merupakan  pengolahan air yang tidak layak pakai ( air kotor ) menjadi air bersih yang layak higienis dan terbebas dari unsur – unsur berlebih dari segi fisika maupun kimia.

Picture2

Air yang berasal dari sumber di alam sebelum dikonsumsi harus diolah terlebih dahulu, salah satu cara yang efektif digunakan adalah Water Treatment, prosesnya dengan berbagai tahap mulai Mixasi, coagulasi,pengendapan, penyaringan, desinfeksi dan kemudian di kemas dalam wadah untuk didistribusikan .untuk mendapatkan air ini kita masih membutuhkan biaya padahal indonesia adalah negara yang kaya akan air, sangat ironis sekali jika hanya segelas air harus mengeluarkan Rp. 500

C. Solusi Terbaik Dengan Pure It Unilever

pureit-water-purifier copy

Inovasi terbaru dari Unilever, water purifier (pemurni  air ) untuk keluarga Anda dengan teknologi modern dan canggih yang dapat menghasilkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit. ini merupakan terobosan terbaru untuk mendapatkan air bersih , praktis dan juga terjangkau.

Air yang dihasilkan Pureit dapat langsung diminum tanpa perlu dimasak. Pureit adalah cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya. Pureit menghilangkan virus, bakteri, dan parasit berbahaya serta menghilangkan kotoran di dalam air ; sehingga air  yang dihasilkan jernih, tidak berbau dengan rasa yang alami.

Pure it adalah terobosan baru yang  sangat efisien dighunakan oleh semua kalangan, keunggulan pure it unilever seperti berikut dikutip dari http://lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit/

Cara Menggunakan Pureit:

  • Pureit: Tidak memerlukan sambungan ke keran.
  • Pureit: Sangat praktis digunakan. Tinggal tuangkan air tanah / PAM mentah yang biasa Anda masak untuk minum ke wadah bagian atas Pureit melalui Saringan Serat Mikro.
  • Pureit: Kapasitas wadah atas 9 liter dan wadah transparan 9 liter.
  • Pureit: Tersedia dalam dua warna pilihan: putih biru dan putih marun.
  • Pureit: Tidak memerlukan listrik atau gas.

putih-biru

Dengan teknologi canggih, Pureit layak dipilih sebagai salah satu alternatif untuk menghasilkan air minum tanpa menggunakan gas dan listrik. Selain praktis dan higienis, Pureit juga ekonomis.

Proses kerja pemurnian air dibagi ke dalam 4 tahap:

  • Tahap 1: Saringan Serat Mikro menghilangkan semua kotoran yang terlihat
  • Tahap 2: Filter Karbon Aktif menghilangkan pestisida dan parasit berbahaya
  • Tahap 3: Prosesor Pembunuh Kuman menghilangkan bakteri dan virus berbahaya dalam air
  • Tahap 4: Penjernih menghasilkan air yang jernih, tidak berbau, dengan rasa yang alami

Komponen 2-3-4 disebut Germkill Kit (Perangkat Pembunuh Kuman) yang akan memurnikan 1500 lt air setara dengan 80 galon (suhu air 25o C, kelembaban sedang) untuk 6 8 bulan pemakaian. Masa pakai Germkill Kit tergantung dengan pemakaian air keluarga Anda.

Ingat: Air yang dimasukkan ke dalam Pureit adalah air yang biasa Anda rebus untuk diminum.

Fitur Tambahan Pureit

indikator-pureit

  • Germkill Life Indicator (Indikator) akan memberitahukan kapan harus mengganti Germkill Kit.
  • Jika Germkill Kit yang sudah habis masa pakai belum diganti, Mekanisme Penghentian Otomatis akan menghentikan aliran air dari Wadah Atas sehingga menjamin keluarga Anda selalu mendapatkan air minum yang aman.
  • Garansi 1 tahun untuk cacat produksi sejak tanggal pembelian.
  • Kapasitas Wadah Atas 9 liter, Wadah Transparan 9 liter.
  • Pureit memenuhi kriteria ketat internasional dari Environmental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat, untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya.

Pureit mendapatkan sertifikat dari lembaga ilmu pengetahuan di Asia dan Eropa seperti:

    1. UGM, ITB, IPB untuk kinerja Pureit
    2. Sucofindo untuk kinerja Pureit
    3. Scottish Parasite Diagnostic Laboratory, Glasgow, Inggris
    4. Indian Public Health Association
    5. London School of Hygiene and Tropical Medicine (University of London), Inggris

Keunggulan Pureit:

  • Sangat praktis. Hanya memasukkan air ke dalam alat dari bagian atas, Pureit akan memurnikan air untuk siap minum.
  • Tidak memerlukan gas, listrik, dan saluran pipa.
  • Biaya per liter pemurnian air hanya Rp100, jauh di bawah harga air galon dari merek ternama (Rp526/liter), air isi ulang (Rp187/liter), dan air rebus (Rp107/liter).
  • Air terlindungi dari kuman berbahaya penyebab penyakit dengan menggunakan standar terketat EPA (Environmental Protection Agency) USA yang menghilangkan log 6 bacteria, log 4 virus, dan log 3 parasites.
  • Pureit memiliki indikator yang dapat menunjukkan lebih awal kapan perlu mengganti Germkill Kit (mekanisme penghentian otomatis).
  • Kapasitas hingga 9 liter di top chamber ditambah 9 liter di transparent chamber.
  • Garansi satu tahun.

Cara Kerja Pureit

  • Isi penuh 9 liter air PAM/tanah mentah wadah bagian atas.
  • Air akan mulai mengalir di wadah transparan 45 menit – 1 jam.
  • Buang air isian pertama untuk melakukan pembilasan dan lakukan proses pembilasan ini sebanyak 3 kali.
  • Setelah itu isi kembali wadah bagian atas dan air di wadah transparan sudah siap diminum.
  • Pengisian kedua dan seterusnya akan memakan waktu 15 30 menit.
  • Simpan pompa plastik di tempat aman (nanti dibutuhkan untuk keperluan pembersihan).

Keunggulan Pureit Dibandingkan dengan Memasak Air

  • Jauh lebih praktis.
  • Mampu menghilangkan kontaminasi dalam air minum Anda yang tidak dapat dihilangkan dengan hanya memasak seperti merkuri, pestisida, karat besi dan sebagainya.
  • Pureit sangat terjangkau dan hemat.

Keunggulan Pureit Dibandingkan dengan Membeli Air Isi Ulang Rutin

  • Tidak perlu khawatir kehabisan air isi ulang di rumah Anda.
  • Tidak perlu ragu akan sumber air yang digunakan untuk air isi ulang Anda.
  • Tidak perlu ragu bagaimana air diproses di depot isi ulang.
  • Tidak perlu repot menyediakan air isi ulang secara rutin di rumah Anda.
  • Menghemat sejumlah uang setiap bulannya karena Anda tidak perlu lagi membeli air isi ulang.

Keunggulan Pureit Dibandingkan dengan Membeli Air Galon Bermerek

  • Menghemat uang tiap bulannya karena Anda tidak perlu lagi membeli air galon.
  • Tidak perlu khawatir kehabisan air galon di rumah.
  • Tidak perlu repot menyediakan air galon di rumah Anda terus-menerus.
  • Tidak perlu khawatir akan keamanan dan kualitas air galon yang Anda gunakan setelah galon tersebut keluar dari pabrik.

Contoh Penghematan Dengan Pureit

  • Pureit
    GKK Rp 150 ribu = 1500 liter -> Rp 100/liter
  • Galon Bermerek
    Rp 10 ribu = 19 liter -> Rp 526/liter (Hemat 5x lipat)
  • Galon Isi Ulang
    Rp.3.500 = 19 liter -> Rp.184/liter (Hemat 2x lipat)
  • Rebus air
    Gas 3 kg = Rp.12 ribu, 2 minggu, 112 liter -> Rp.107/liter (Hemat waktu dan praktis)

Jika 1 minggu memakai 2 galon (38 liter), penghematan 1 thn dengan memakai Pureit:

  • Galon Bermerek = 2 galon X 10.000 X 52 mgg (38 liter X 52 mgg X Rp 100) = (1.040.000 197.600) = Rp 843.000
  • Galon Isi Ulang = 2 galon X 3.500 X 52 mgg (38 liter X 52 mgg X Rp 100) = (364.000 197.600) = Rp 166.400
  • Rebus = 52/2 X 12.000 (112 liter X 26 mgg X Rp 100) = (312.000 291.200) = Rp 20.800

Referensi :

http://www.google.com

www.pureitwater.com/ID/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: