Oleh: mauwpinter | Mei 18, 2011

7 KUNCI SUKSES KULIAH

1. Niat
Dengan niat dalam hati bahwa anda akan kuliah dengan benar dan serius.  Dan anda kuliah tidak ada paksaan dari siapapun. Bahwa anda kuliah itu dengan kehendak sendiri.
Tidak lupa juga sebelum  belajar dibiasakan  berdoa terlebih dahulu, agar ilmu yang kita dapatkan, bisa bermanfaat. Niat juga dapat memberikan kita motivasi dalam belajar dan meraih cita-cita yang kita impikan.

  1. 2. Ketekunan Belajar, dengan teknik belajar yang sesuai dengan diri sendiri

Pakailah teknik belajar yang sesuai dengan diri anda, misalnya jika anda terbiasa belajar di tempat yang sunyi dan tenang, maka buatlah tempat belajar anda menjadi tempat yang anda inginkan. Sehingga dalam belajar anda akan merasa lebih nyaman. Dan hal itu juga dapat memacu semangat anda dalam belajar.

  1. 3. Yakin

Yakin, bahwa apa yang telah anda lakukan akan sesuai dengan keinginan anda. Jika anda belajar dengan tekun pasti anda yakin dengan yang anda lakukan.

  1. 4. Aktif

Sebagai mahasiswa anda harus aktif dalam berbagai kegiatan kampus seperti mengikuti  kegiatan organisasi yang ada dikampus, akan lebih baik lagi jika anda mengikutinya untuk mengisi waktu luang anda untuk melakukan hal yang bermanfaat daripada waktu anda terbuang percuma. Selain itu dengan anda menjadi mahasiswa yang aktif dalam organisasi anda akan mendapatkan beberpa keutungan yaitu : anda akan mempunyai banyak teman, pergaulan anda akan semakin luas bahkan anda akan mendapatkan teman dari fakultas lain, selain itu anda akan mendapatkan banyak informasi. Dan tidak menutup kemungkinan anda menjadi orang yang terkenal dikampus karena keaktifan anda.
Keaktifan selain dilakukan dalam mengikuti organisasi kampus juga dapat dilakukan dalam kelas misalnya anda bersedia untuk menjawab soal yang diberikan dosen, sehingga anda menjadi seseorang yang mempunyai pengetahuan yang lebih dikelas.

  1. 5. Kreatif

Kreatif amat sangat diperlukan dalam proses belajar. Belajar tidak hanya dapat dilakukan didalam kelas. Belajar juga dapat dilakukan diluar kelas dengan menciptakan ide kreatif yang membawa anda dalam kesuksesan. Misalnya anda membuat sesuatu yang bermanfaat sesuai dengan hoby anda. Biasanya hal yang dilakukan dengan hoby, anda akan lebih menyenangi apa yang anda kerjakan tanpa merasa bosan.

  1. 6. Semangat !!! serta optimis

Semangat sangat diperlukan dalam memberikan motivasi bagi anda. Belajar harus penuh dengan semangat agar kita bisa meraih apa yang kita impikan.

  1. 7. Pantang Menyerah

Anda harus memilki sikap pantang menyerah dalam belajar. Apabila ada materi kuliah yang kita tidak mengerti, maka kita harus dengan semangat mencari tau membahas tentang apa materi itu. Dan apabila ditengah jalan anda menemukan kendala atau kesusahan dalam mencari pembahasan itu. Anda harus pantang menyerah dan berusaha untuk mencari pembahasan materi itu semampu anda.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: